Friday, January 25, 2013

First Trip To Bali (Overland)

Ya.. hari ini tanggal 1 November 2012. Aku dan kakak ku bersiap” berangkat ke Bandara Polonia Medan. Kami mau ke Bali . Tujuan awal sih bukan mau ke Bali, sebenarnya niat awalku adalah aku ingin mendaki puncak para dewa Mahameru. Tapi sayang, aku kurang beruntung. Waktu itu jalur pendakian ke Mahameru di tutup karena ada mahasiswa yang hilang disana. kecewa memang. Tapi hal tersebut sama sekali tak mematahkan semangatku untuk terus berjalan, melanjutkan mimpi-mimpi yang tertunda. oke, putar otak. Mau kemana aku sekarang. Dan aku putuskan untuk ke Bali aja. Sebelumnya aku belum pernah ke Bali. Dan lumayan penasaran dengan Bali, ada apa sih disana, sampe" orang" demen banget kesana. Oke... jam 7 pagi aku dan kakak ku berangkat ke Bandara Polonia Medan. Sesampainya di Bandara langsung check in dan nunggu boarding di waiting room. sedikit gelisah ketika tidak ada tanda” pesawat yang akan aku naiki mendarat. coba melirik jam tangan, udah hampir jam 9 ternyata, dan belum ada panggilan untuk boarding. Tak lama kemudian, terdengar dari bagian informasi, bahwa pesawat yang akan aku naiki mengalami keterlambatan. Sial. Kata itu yang terucap dari mulutku pertama kali. Kenapa?? Karena aku harus mengejar kereta dari Jakarta ke Malang jam 14.10 . mulai harap” cemas. Takut ketinggalan kereta . tapi akhirnya pesawat pun datang. Tepat jam 10 pagi kami terbang dari Medan menuju Ke Jakarta. ini kedua kalinya aku ke jakarta :p


2 jam berada di udara, tidak banyak yang kulakukan. Hanya berdoa semoga aku dan kakak ku tidak ketinggalan kereta. Karena itu kereta terakhir yang ke Malang (kalo gak salah sih). Kurang lebih pukul 12.00 sampai di Bandara Soekarno Hatta. Langsung cepat" turun dari pesawat dan langsung capcus ke bagian claim baggage. Sekitar jam 12an tas udah dapet dan lansung cepat" keluar dari terminal C. langsung clingak clinguk dan mikir mau naik apaan ke Stasiun Pasar Senen. Mulai berdatangan mas mas yang nawarin mobil ke bandung, Jakarta, dan sekitarnya. Mulai tawar menawar dengan si mas, naik avanza dari Soeta ke Senen 140k, gak bisa nego lagi. Dan kita memutuskan untuk naik taksi aja. Ngeliat jam udah pukul 12.30. gak banyak waktu lagi. Langsung masuk aja ke dalam taksi. “Pak pak.. bisa ngebut dikit gak bawa mobilnya, kita lagi ngejer kereta ke malang jam 2” ; desak ku kepada si sopir taksi. Untung si bapak pengertian, dan wuuuus wuuuuus nyelap nyelip bawa mobil nya, walaupun sesekali kena macet juga. Liat jam, whaaaaat udah jam 13.20. Dan perjalanan masih lumayan jauh dan rada macet. Mulai pasrah aja. Kayaknya gak bakal terkejar deh kereta ke Malang nya. Tiket udah dibeli lagi. Dan gak banyak berharap lagi. Tapi masih tetep berdoa didalam hati. Semoga sempeeeeeet. Alhamdulilah akhirnya nyampe juga di Stasiun Pasar Senen jam 13.50 . Dan tersadar kalo 15 menit lagi keretanya berangkat. Langsung bayar taksi 165k. mending tadi naik mobil avanza aja tadi 140k. ah tapi ya sudahlah. Lain kali saja, ini jadi pelajaran. Turun dari taksi langsung menuju ke loket penukaran tiket, maklum aku beli tiketnya via online kemaren. Jadi kudu ditukerin lagi di loket. Dan astagaaaaaaa. Antriannya panjang banget. sebagai warga Negara Indonesia yang baik aku coba untuk ngantri. Ngantri 5 menit dan antrian masih panjang juga. Oke masih ada waktu sedikit lagi . ngeliat jam lagi eh udah jam 14.05 . njiiiir 5 menit lagi kereta berangkat. Udah bunyi” pula klakson kereta nya, tuuuuut.. tuuuuut.. hadeeeh ini kalo ngantri terus kayaknya gak bakalan bisa ngejer itu kereta. Akhirnya berani”in diri ngomong ama bapak” yg lagi ngantri di depan, "pak tolong pak, kereta saya udah mau berangkat. Saya minta izin nuker tiket saya dulu boleh ya pak" (pasang muka melas) . dan yes si bapak ngasih, buru” aku tukerin itu tiket dan yes tiketnya udah dapet. Langsung melipir ke dalam stasiun dan langsung loncat ke dalam kereta. Akhirnya kaga ketinggalan kereta. Thank’s God, cengir" berdua ama kakak ku, hihihihi.


Perjalanan ke Bali aku pilih lewat jalan darat. Karena udah terlanjur beli tiket PP Medan Jakarta – Jakarta Medan. Jadi mikir “kayaknya” kalo naik kereta bisa lebih murah biayanya. Dari Stasiun Pasar Senen ke Stasiun Malang kota Baru kami naik KA Ekonomi Matarmaja dengan biaya 55k/tiket . dan perjalanan ini memakan waktu selama 17 jam. cukup lama, lama banget malah ahahaha. Yah seperti biasanya, yang namanya kereta ekonomi itu pasti banyak banget yang jual makanan dan minuman. Bisa dibilang bisa wisata kuliner juga selama di dalam kereta. Mulai icip" tahu sumedang. Beli 2 bungkus seharga 5k. lumayan untuk ganjel perut yang sebenernya udah laper. ditambah dengan minum milo panas seharga 3k. senja berganti dengan malam, masih panjang perjalanan ini. Waktunya makan malam, dan aku memilih untuk beli nasi goreng dari KA Matarmaja. Soalnya agak geli makan nasi yang dijual ama pedagang yang sliweran. nasi gorengnya pun datang, lumayan enaklah, dan gak terlalu mahal, cuma 12k. kelar makan, masih duduk termenung sambil menatap keluar jendela, dan tanpa sadar kami pun tertidur.



2 November 2012, Stasiun Malang Kota Baru. Begitu tulisan yang ku baca. Senang nya ternyata udah sampe di Malang . Sekitar pukul 07.45 kami tiba di Malang. Masih pagi dan masih bingung mau ngapain disini, soalnya cuma transit doank. Duduk manis didalam stasiun dan mencoba browsing, buka kaskus dulu. Coba mampir ke Regional Malang, kasi info kalo aku lagi ada di Malang, kali aja ada yang mau ngajak jalan gitu, hehehe. Dan ternyata sepi. Cuma segelintir orang yang lagi online saat itu. Teringat punya kenalan si Mitea aka Tomi (Aktivis Reg. Mojokerto) anak Mojokerto yang lagi kuliah di Malang. Eh ternyata dia lagi ujian, dan gak bisa nyamperin aku. ya sudah, tutup laptop dan coba jalan keluar. Masih gak tau mau kemana. Akhirnya aku dan kakak ku memutuskan untuk wisata kuliner aja. Nanya" bentar, eh katanya di deket stasiun ini ada Rawon yang katanya paling enak sekota Malang. "Ah yang bener (dalam hati ngumpat kayak gitu)". Ya udah gak pake babibu langsung melipir ke warung rawon itu. Ternyata emang deket banget dan gak mesti naik becak juga seharusnya. Yowes bayar becak 5k. langsung masuk dan pesan rawon nya. Nama warungnya Waroeng Rawon Tessy, di Jalan Embong Brantas, Malang.


Waroeng Rawon Tessy
Jalan Embong Brantas, Malang

Nasi Rawon


Aku pesan sepiring nasi rawon dan segelas es teh manis. Makan siang kali ini terasa nikmat. Setelah perjalanan panjang yang melelahkan, akhirnya bisa menyicipi makanan yang lezat seperti ini. tak harus membayar mahal, sepiring nasi rawon dan es teh manis hanya 14k saja.




Selesai makan siang, aku kembali lagi ke stasiun sembari menunggu kereta Tawang Alun jurusan Banyuwangi tiba. Pukul 14.40 aku akan berangkat ke Banyuwangi, melanjutkan perjalanan panjang menuju Pulau Dewata. Setalah lama menunggu, akhirnya akhirnya tiba juga keretanya, dan aku bergegas masuk kedalam kereta. Lama perjalanan dari Malang ke Banyuwangi 7 jam. "Hmm, rasa lelah ini pasti akan terbayarkan setelah aku sampai di Bali". Harga tiket perjalanan kali ini murah, cuma 18.500. 7 jam perjalanan sepertinya tidak terasa bagiku, tiba" aku sudah sampai di Stasiun Banyuwangi Baru. Saat ini Jam 11 malam. Mataku berkeliling menyaksikan pemandangan di Stasiun Banyuwangi Baru malam ini, sepi. Namun banyak juga orang yang numpang tidur di emperan stasiun ini. Kemudian tanpa membuang waktu aku langsung memanggil abang tukang becak, dan memintanya untuk mengantarkan kami ke Pelabuhan Ketapang. Pelabuhan yang sebenernya sangat dekat dengan staisun ini. Tapi karena sudah merasa sangat lelah, aku memutuskan untuk naik becak saja, ketimbang berjalan kaki. Tak sampai 5 menit, kami sudah sampe di Pelabuhan Ketapang. Belum lagi menginjakkan kaki turun dari atas becak, kami langsung disamperin sama mas mas yang ada disana. "Mau kemana mbak?" tanya si mas. "Mau ke Bali mas". "Oh ya udah tunggu disini aja yah, bus nya udah mau datang". "Dari mana kemana mas?" "Dari sini ntar ke Terminal Mengwi mbak, biayanya 50k". Sempat terpikir, kenapa tujuannya ke Terminal Mengwi. Teringat akan perkataan temanku di Jogja, kalau naik bus dari Pelabuhan Ketapang, entar turunnya di Terminal Ubung. Tapi yasudahlah.. Kami pun sepakat untuk naik bus ini menuju ke Terminal Mengwi, Bali. Sekitar 15 menitan menunggu, akhirnya bus nya datang juga dan langsung naik ke dalam bus. Tanpa kusangka, ternyata bus yang akan kami tumpangi ternyata sangat padat. Tapi untungnya masih ada 2 seat yang tersisa untuk aku dan kakak ku. Kini busnya bersiap” untuk nyebrang dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk. Lumayan lama ngantrinya, banyak bus dan truk yang mau nyebrang. Tak lama kemudian akhirnya bus kami masuk kedalam kapal dan penumpangnya boleh masuk kedalam kabin. Duduk santai” didalam kapal sambil mendegarkan musik dangdut koplo yang diputar oleh petugas kapal, dan tanpa sadar aku tertidur sejenak. Tiba" aku dibangunkan oleh kakak ku, ternyata sudah sampai di Pelabuhan Gilimanuk. Senyum kecil pun terukir indah diwajahku, rasanya senang banget akhirnya nyampe di Bali.



3 November 2012. Ya sekarang sudah tanggal 3, kurang lebih sekarang pukul 01.00 WITA Tak terasa kami sudah 3 hari berjalan dan akhirnya sampai juga di tujuan. Tapi perjalanan tidak berhenti sampai disini. Setelah pemeriksaan KTP di Pelabuhan Gilimanuk, kami harus melanjutkan perjalanan ke Terminal Mengwi dan ternyata untuk sampai ke Terminal Mengwi kami harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, dan perjalanan itu memakan waktu selama kurang lebih 4 jam. Cukup lelah, aku mencoba tidur didalam bus, tapi ternyata susah. Sesekali tanpa sadar aku tertidur dan tersentak bangun karena bus yang berguncang, masuk kedalam lobang barangkali. Finally... sekarang udah jam 05.00 WITA. Kami nyampe juga di Terminal Mengwi. Dari sini maksudnya mau cari kendaraan yang murah meriah  untuk ke Kuta atau ke Denpasar. Sekilas mataku memandang kesekeliling Terminal, tapi aku tak meliat adanya angkutan umum di Terminal ini. Entah aku yang kurang teiti. Karena sudah didera rasa lelah, akhirnya kami memutuskan untuk naik taksi saja dari Terminal Mengwi Ke Poppies 2, Kuta . Taksinya kami pun berangkat. Di sepanjang perjalanan aku gak bisa tidur. Mmm exited udah nyampe di Bali. Mata ku gak lepas memandangi apa saja yang kulihat dari jendela mobil. "aku sekarang udah di Bali, iya di Bali. kok bisa yah aku sampai kesini". Pukul 06.00 WITA nyampe di Poppies Lane 2, bayar ongkos taksi 138k. Kami mulai melangkah kedalam gang nyari hotel murah (rencana awal). Baru berjalan sebentar, eh ada ibu" bertanya, "lagi nyari hotel ya mbak, disini aja". Aku dan kakak ku saling berpandangan, ngasi kode, dan akhirnya kita deal nginep di hotel ini. Gak tau nama hotel nya apa. Sepertinya sih ini kost”an. Tapi ya sudah, fasilitasnya lumayan, tempat tidur spring bed 6 kaki, lemari, fan, dan kamar mandi dalam. 150k/night, gak dapet sarapan. Rebahan sebentar sambil ngelurusin kaki di kasur, melepaskan rasa lelah sejenak setelah lebih dari 48 jam berada di perjalanan. Sekitaran jam 8 pagi pada bersih", mandi, setelah 2 hari gak mandi, hahaha. Sekarang jam 9 pagi, perut mulai terasa lapar karena semalam gak makan. Berjalan diseputaran Kuta nyari tempat sarapan, dan kita milih K*C. Karena disekitaran Kuta banyak hotel dan kafe" yang “WAH”, dan kayaknya kita gak mungkin sarapan disana. Jadi pilihan terakhir ya K*C. Pesan paket berdua. 2 nasi, 2 dada, 2 soft drink. "80K mbak (kata kasir KFC)", "apaaaaaa????? (buset mahal banget)". Ternyata pas bayar dikasir disodorin CD Sammy Simorangkir. Ternyata paket berduanya itu ditambah sama CD lagu, pantes jadi mahal. "Pagi2 udah kena jebakan betmen". Kelar sarapan, tempat pertama yang kami tuju Pantai Kuta.






Pantai Kuta, Bali

Duduk" di pantai, memandang sekeliling, melihat turis yang pagi-pagi udah mandi-mandi aja di pantai ahaha. Tak ada niat untuk main air di pagi ini, karena sadar, waktuku di Bali juga tak banyak. Kemudian kami beranjak dari Pantai Kuta. Mencoba berjalan tanpa arah dan tujuan. Hanya mengikuti jalan kecil yang ada pada saat itu. Oh, ternyata ini jalan Legian. Nama yang tak asing lagi bagiku. Mmm, tak banyak yang menarik di sepanjang jalan ini, hanya deretan toko, cafe dan club saja. Dari jauh kelihatan, "oh itu tugu perigatan bom bali". Bergegaslah kami berjalan kesana.


Tugu Peringatan Bom Bali, Legian, Bali


Tak berlama-lama di Tugu peringatan ini. Kami memutuskan untuk kembai ke Hotel. Dan sekarang mulai berpikir, sekarang mau kemana dan naik apa. Jujur aja aku masih buta sama Bali dan gak sempat cari tau spot" yang wajib di datengi di Bali itu apa" saja. Jadi benar" minim informasi. Mulai coba mengontak temenku yang ada di Bali, dan kebanyakan dari mereka hari sabtu pada kerja. Ternyata ada Sista yang baik hati, Sist .UnyiL. (id kaskus nya, dan emang akrab dipanggil unyil juga). Dia broadcast ke temen" yang ada di Bali, kira” hari ini ada yang bisa jadi Guide nya aku dan kakak ku gak. Tak lama kemudian, masuk sms ke hp ku. “Halo Za, aku d33k3y. hari ni aku bisa jadi guide kamu” . Begitulah pesan singkat yang dikirim om d33k3y ke aku. Oia, Om d33k3y ini aku juga dah lumayan kenal sama orangnya, temen ngejunk” di Forum Wedding Kaskus. Atas saran Om d33k3y, akhirnya aku dan kakak ku nyewa mobil untuk keliling” Bali. Mayan murah sih, sehari 170k, dibandingkan di Medan rata" sewa mobil/hari 250k. Tak lama kemudian muncul lah Om d33k3y dan kita langsung berangkat. Tujuan pertama ke Uluwatu. Sebelum ke Uluwatu, kita ke daerah Nusa Dua dulu, mau ngejemput salah satu temenku di Bali, namanya Reza (ID Kaskus: reza14045). Nah udah ketemu nih sama si Reza. Langsung melipir ke Uluwatu. Gak inget juga berapa lama perjalanan kesana. Mungkin sejaman, nyampe juga di Uluwatu. Beli tiket masuknya 15k/orangMmm, gak banyak sih yang bisa dilakukan di Pura Uluwatu ini. Liat monyet", foto", dan jalan" di sekitar Puranya. Coba berjalan menaiki tangga, sampai ke puncaknya, eh, ternyata pemandangan dari atas sini bagus banget.



Pura Uluwatu, Bali

Kurang lebih sekitar 2 jam kami jalan" di Uluwatu. Emang gak banyak yang bisa dilakukan disana. Hanya pemandangan yang indah ini yang dapat kami nikmati bersama-sama. Dari Uluwatu kita berangkat menuju Tanah Lot. Rencananya mau menikmati Sunset disana. Sebelum kesana, menyempatkan diri dulu makan siang. Udah siang dan lumayan lapar. Kami singgah ke Rumah Makan Satria di daerah Supernova. Kata Om d33k3y, disini yang enak nasi campurnya. Ya sudah pesen aku nasi Campur Bali, sepiring 22k. "Hmm, mahal juga nasi campur di Bali yah".

Nasi Campur Bali
Rumah Makan Satria, Supernova
Bali

Kelar makan siang, kami melanjutkan perjalanan. Sebelumnya kami mau menjemput Sist .UnyiL. dulu, yang ngekost di jalan/gang Bikini. Setelah ngejemput Sist .UnyiL. kita langsung menuju ke Tanah Lot. Kurang lebih 1 jam, akhirnya kita sampai juga di Tanah Lot. Tak ingat berapa harga tiket masuk yang harus dibayar waktu itu, karena Om d33k3y ternyata berbaik hati mau mentraktir kami semua hehehe. Tanah lot kala itu sedang ramai. Disana sedang berlangsung sebuah acara, ya aku tak tau pasti acara apa yang sedang berlangsung.



dari kiri ke kanan
aku, kakak ku, .UnyiL. , Om d33k3y
Tanah Lot, Bali

Seperti halnya di Pura Uluwatu, tak banyak yang dapat dilakukan disini. kami berjalan sambil melihat" suasana sekitar. "eh, si Sastro mau nyusul kemari nih" kata Om d33k3y tiba". "wah asyik donk, makin rame", umpatku dalam hati. Tak lama Sastro seorang pemuda yang juga baru aku kenal beberapa bulan terakhir tiba juga. Kami duduk di sekitaran pantai di Tanah Lot sembari menunggu datangnya senja. Namun sore itu, cuaca mendung, dan sepertinya sunset yang kami tunggu tidak akan datang. Matahari tertutup awan yang gelap.



Tanah Lot, Bali


Senja pun tiba. kami beranjak pulang karena sudah cukup lama berada di Tanah Lot. Dari sini, kami berencana untuk singgah ke warung salah seorang teman di Bali, Om Jack Item. Sebuah nama yang sangat familiar bagiku.   Seorang Traveller Enthusiast di Forum Traveller Kaskus. Warungnya terletak di daerah Denpasar Selatan. Kira-kira pukul 19.30 kami tiba di Warung Rizki, begitulah nama warungnya. Baru sampai disana, kami langsung disuguhkan nasi pecal. Emang tepat waktunya, sudah malam dan memang sudah lumayan lapar. Selesai makan, kami lanjut berbincang" dengan Om Jack. Tak lama muncul lagi teman yang emang sudah aku kenal di Kaskus, Dante San. Begitu nama ID Kaskusnya. Asyik berbincang, tak terasa malam semakin larut, dan kami memutuskan untuk kembali ke rumah masing" untuk beristirahat. Dalam perjalanan pulang, kami melewati jalan Legian. Ini adalah malam minggu, dan aku sempat sedikit tercengang melihat suasana Legian malam itu. Begitu banyak hiburan disana, suara musik yang keras dari club" malam itu, ada dancer yang menari diatas panggung kecil di depan jalan Legian itu, dengan dandanan yang nyentrik, cukup menarik perhatianku. Suasana malam disini benar" hidup. Sesampainya di hotel, aku dan kakak ku mandi, dan kemudian istirahat.


dari kiri ke kanan
Om Jack, Aku, Kakak ku, .UnyiL., Reza, Dante San, Sastro
Warung Rizki, Denpasar, Bali

4 November 2012. ini hari kedua sekaligus hari terakhir di Bali. Banyak yang gak percaya kalo aku di Bali cuma sehari doank. Lebih tepatnya 2 hari 1 Malam. Jauh" dari Medan, perjalanan 3 hari, gitu nyampe Bali cuma stay 2 hari 1 malam? Begitulah kata mereka. Pagi ini, kami tidak punya rencana kemana”. Cuma mau main ke Beachwalk dan entar sore ke Pantai Kuta bareng temen" disini. Niat hati ingin jalan” sebentar disekitaran Kuta atau Legian, eh gak sengaja malah ketemu sama Om d33k3y. Kita sarapan bareng dulu di M*D. Ya ini sepertinya menjadi tempat sarapan yang paling murah di sekitaran Kuta. 2 ayam, 1 nasi, 1 soft drink di bandrol 31k. Kelar Sarapan langsung melipir ke Beachwalk, jalan” sebentar sambil nunguin yang lain. Sambil menunggu yang lain, kami duduk dan ngobrol" disalah satu warung kopi yang ada di Beachwalk. Tak lama, muncul juga Sist UnyiL. dan Dante San.


Starb*cks, Beachwalk, Kuta
Bali

Baru nyadar, ternyata Beachwalk itu Mall, ahahahaha. "ngapain juga jalan ke Mall, mending ketempat lain gitu". Cuma bisa cuci mata doank disini, gak ada yang bisa dilakuin, sedikit bosan.




Beachwalk, Kuta, Bali

Udah capek jalan” di Beachwalk, kkami jalan menuju ke K*C untuk makan siang. Makan siang sambil ngobrol juga sambil nungguin senja datang. Bosen duduk” di K*C, kami melipir ke Pantai Kuta.






Pantai Kuta, Bali

Di Pantai Kuta, kita semua duduk dan bercerita menanti senja. Ini malam terakhir aku di Bali. Sedih rasanya. Menikmati senja bersama, sampai matahari pun hilang di telan malam, dan Pantai Kuta pun semakin gelap. Jam 7 malam, kita semua pamitan. Mau balik kerumah masing”. Rasa sedih kembali membucah di dalam dada. Liburan di Bali ini terlalu singkat. Jam 9 malam entar, aku dan kakak ku bakal di jemput Sist .UnyiL. dan Dante, kami mau dianterin ke Terminal Ubung. Nyampe hotel, packing”, mandi, trus istirahat sebentar sambil nunggu jemputan. Kurang lebih jam 9an tibalah Sist .UnyiL. dan Dante. Aku dan kakak ku langsung naik ke motor. Sekitar 30 menitan perjalanan dari Kuta menuju ke Terminal Ubung. Nyampe disana kami langsung disamperin calo" yang menawarkan bus. Akhirnya kami memilih bus dengan tujuan Gilimanuk dengan harga 30k/orang.   Bus kecil non AC. Sekitar jam 10an bus nya berangkat. Lama perjalanan dari Terminal Ubung ke Pelabuhan Gilimanuk sekitar 3 jam. Nyampe juga di Pelabuhan Gilimanuk sekitar jam 01.00 WITA. Hmm, kembali rasa sedih itu datang kembali. Turun dari bus langsung beli tiket penyebrangan ke Pelabuhan Ketapang seharga 6k/orang, ini tiket ekonomi. Sejam berlalu, akhirnya kami sampai di Pelabuhan Ketapang, sekitar pukul 01.00 WIB.


5 November 2012. Sampai di Pelabuhan Ketapang, kami langsung berjalan kaki menuju Stasiun Banyuwangi Baru. 10 menit berjalan santai, akhirnya kami sampai di Stasiun. Malam ini, Stasiun tampak lebih sepi dibandingkan hari pertama aku sampai disini. Hanya terlihat beberapa orang yang sedang tidur menunggu loket penjualan tiket dibuka.




Stasiun Banyuwangi Baru, Jatim

Sekarang Tujuan kami adalah ke Yogyakarta. Saat itu, aku tidak tau kalo ternyata ada Kereta Sri tanjung yang berangkat langsung ke Jogja dari Banyuwangi. Karena ketidaktahuan ku itu, akhirnya aku berencana membeli tiket KA Tawang Alun jurusan Malang. KA Tawang Alun berangkat jam 5 pagi, dan sekarang masih jam 1 dini hari. Masih lama. Akhirnya aku dan kakak ku memutuskan untuk tidur sambil menunggu pagi.




Jam 04.30 loket penjualan tiket udah dibuka. Yang ngantri juga lumayan banyak. Naik kereta Ekonomi Tawang Alun Jurusan Malang seharga 18.500. Jam 5 pagi di Banyuwangi ternyata udah terang. Padahal waktu di Bali jam 5 pagi masih gelap. Jam 5 pagi kita berangkat ke Malang. Sekitar jam 12an nyampe lagi di Malang, setelah 7 jam perjalanan. Udah mulai bosen rasanya duduk lama" di dalam kereta. Duduk di dalam loket sambil ngadem dan buka laptop. Trus keinget untuk menghubungi si Tomi (Aktivis Reg. Mojokerto) . Dan kali ini dia udah pulang ujian, jadi bisa nyamperin aku di Stasiun. Sekitar jam 1an nongol juga dia. Hahaha lucu aja pertama kali jumpa sama dia. Duduk bentar ama dia ngobrol” di dalam loket. Terus aku dan kakak aku mau pergi makan, tapi dianya kaga ikut. Di loket aja sekalian jagain carrier kami yg segede kulkas itu. Gak pake lama langsung jalan kaki menuju Waroeng Rawon Tessy, tempat kemaren. Tapi kali ini aku nyoba menu lain, Nasi Opor Ayam. Jujur seumur" baru kali ini makan Opor. Di Medan menu ini kaga lazim sih. Jarang ada yang jual. Nasi opor ayam + es teh manis dindin dibandrol 10k, muraaaah. Kelar makan langsung balik ke stasiun dan nyamperin si Tomi. Si Tomi ngajakin jalan, kirain jalan bertiga, eh ternyata ngajakin jalannya naik motor, jadi aku sama Tomi aja yang pergi, kakak ku stay di Stasiun. Keliling kota Malang sebentar, mumpung belom datang keretanya. Aku ama Tomi langsung pergi naik motor keliling” kota. Malang kotanya adem banget. Gak panas kayak bali. Gak terasa, ternyata udah mau jam 2. Sekitar jam2an keretanya mau berangkat ke Jogja. Entah kenapa kok rada” macet jalanan yg kami lewati, mungkin karena jam anak sekolah pulang. Waktunya udah mepet banget, sampe kakak ku udah ngomel”, dan sampe” tas, KTP, dan tiket aku di titipin ama satpam yang jaga di pintu loket. Kakak ku duluan masuk ke kereta karena keretanya udah mau berangkat. Jadi deh di jalan kebut”an ama Tomi. Dan ini kedua kalinya hampir ketinggalan kereta. Padahal jalan” nya kaga jauh. Cuma karena macet aja jadi lama. Tapi akhirnya nyampe dengan selamat  dan kaga ketinggalan kereta ke Jogja.



(next chapter Jogja I'll Be Missing You...)

8 comments:

  1. ke Malang ga bilang2 tahu gitu ku ajak ke objek wisata alam malang yg hidden2

    ReplyDelete
  2. za ke malang cuma transit doank .
    kaga nginep :p

    ReplyDelete
  3. Panjang juga ya Rute Perjalanannya Dari Medan Ke Bali. Sampai Merem Melek Baca Postingannya hehehe... Tapi Ceritanya Seru N Menarik Juga di Ikutin heheheh....
    Salam Kenal gan ya,. Mau Numpang Share juga neh. Mau Menawarkan Rental Mobil Murah Saya Di Bali. Seandainya Agan Balik Lagi Ke Bali dan Butuh Jasa Sewa Mobil Untuk Berwisata Di Bali. Hubungi Saya ya di AGP SEWA MOBIL MURAH DI KUTA LEGIAN SEMINYAK BALI Semoga Info Ini Membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya panjang mas rute nya .
      soalnya lewat jalan darat xixixi .
      makasi sudah berkunjung :D

      iya lain kali kalo ke bali lagi yah :D

      Delete
  4. keren .. adventure bngett (y)
    lain kali kalo ksana ajakin aku ya hehehe .REQ nya ke pulau Flores(NTT)danau kelimutu:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya .
      udah kalo kamu emang punya waktu dan budget langsung aja angkat ransel kamu .
      berangkaaaaat hahahaha .

      Delete
  5. wah.. dr awal baca, saya kira cowo yg menjelajah, ternyata mbak2 cantik..

    cerita awal hampir sama seperti pengalaman saya, tp saya ke semeru dr jakarta, hampir telat naik kereta jg.

    pengalaman yg menarik mbak..
    saya jg org medan. :) kpn2 kita menjelajah bareng ke kerinci.

    ReplyDelete
  6. Pengalaman yang menarik untuk dibaca. :)
    Lanjutkan!

    ReplyDelete