Tuesday, January 29, 2013

Who Am I ???

Aku Ananda Eliza de Saire. Anak kedua dari pasangan Max de Saire dan Farida Aryani. Aku punya seorang kakak cewek, Vina Indriani de Saire. Kami cuma dua bersaudara, dan usia kami tak terpaut jauh, hanya beda 15 bulan saja :D . Hmmm, aku lahir pada tanggal 5 Mei 1990, kira" pukul 08.15 WIB aku dilahirkan di RS Tembakau Deli Medan (sekarang RS nya udah tutup -,-). Zodiak ku Taurus dan golongan darah ku O+ .


Banyak yang bertanya-tanya. de Saire (baca: de ser) itu apa sih? mulai dari guru, teman, sampai teller bank *nohope . Ibuku keturunan Jawa Melayu, sedangkan Ayahku campuran antara Belanda, Polandia, dan Belgia. Wow, pasti gak percaya wakakakakaka. Akan kujelaskan tentang profil orang tua dari Ayahku.


J.J de Saire, dia Opa ku. Dia lahir di Kota Padang Sumatera Barat. Dia campuran antara Belanda dan Belgia. Sedangkan Oma ku, Wapke Francisca Beijert (baca: beyert) lahir di Cimahi Jawa Barat, dan dia keturunan Polandia. Yup, mereka memang lahir di Indonesia, begitu juga dengan Ayahku, dia lahir dan besar di Kota Medan. Saudara kandung Ayahku, Irene de Saire, Yvonne de Saire, Rudi de Saire, Jan de Saire, Alex de Saire, Jeanette de Saire, Flora de Saire, Liliana de Saire, dan Desiree de Saire.


Keluarga Opa Jan Jozef de Saire


Keterangan Foto:
  • Perempuan kiri atas: Magdalene Eleonora de Saire, Ibunya Opa ku.
  • Laki-Laki kiri bawah: Opa Vertregt, Ayahnya Opa ku.
  • Laki-laki kanan atas: Joseph Francois de Saire, Opanya Opaku (kakek buyut ku).
  • Perempuan kecil ditengah: Oma Finn, kakak kandung Opa ku.
  • Anak Laki-laki kanan bawah: Step brothernya Oma Magdalene.


The Ancestor - The Great Grandfather Of Opa Jan Jozef de Saire
(kalo tulisannya gak kebaca, open di new tab aja gambar nya *peace)



Keluarga Oma Wapke Francisca Beijert


Keterangan Foto:
  • Laki-laki kiri: Albert Andreas Beijert, Ayahnya Oma ku.
  • Perempuan Kanan: Marie Carroline Orzeszek, Ibunya Oma ku.
  • Anak laki-laki kiri: J. Karl Beijert, kakak kandung Oma ku.
  • Anak perempuan kanan: Wapke Francisca Beijert, dia Oma ku.


Begitulah sejarah singkat tentang asal usul keluargaku. Orang-orang kerap kali tak percaya kalo aku bilang aku keturunan Belanda. Ya iya sih, emang dari wajahku sama sekali tak terlihat sedikitpun paras bulenya. Muka ku ini asli Indonesia :D . Makanya, kalau ada orang yang bertanya kepada ku, kakak ku, Ayahku ataupun Ibuku mengenai marga de Saire itu berasal dari mana, maka kami akan kompak menjawab, itu marga dari Ambon :)))) . Padahal, sama sekali bukan, hahahaha. Bukan apa-apa sih, dari pada kami bilang kalo kami ini keturunan Belanda tapi casingnya Indonesia gini, yah mending kami bilang aja kami ini orang Ambon, entar malah dibilang ngaku" orang Belanda lagi :p .



dari kiri ke kanan
Alex de Saire, Jeanette de Saire, Max de Saire


Hmm... kadang bingung juga. Kalo dipikir" sih campurannya asli eropa banget. Tapi hasilnya kok malah kayak gini. Menurutku, Ayahku juga mukanya Indonesia banget. Tapi ada juga temenku yang bilang, "Papa mu mirip kok, mirip bule". Iya itu dulu kali, waktu papa masih putih kulitnya. Sekarang mah udah item kebanyakan main panas >,< .



My Dad, Max de Saire, Japan
(jaman masih muda)


Opa, Opa dulu kudu wajib militer waktu Indonesia di jajah sama Jepang. Kalo denger cerita tentang itu, serem banget. Opa dan Oma pernah di penjara sama tentara Jepang. Anjing peliharaan Oma di bikin sop sama tentara Jepang, dan Oma dipaksa untuk makan sop anjing itu >,< . Kejam banget.



KNIL soldier (Netherland) circa 1930 - Jan Jozef de Saire
(Opa masih muda, cakep, mirip banget sama papa ku)


The Godfather Opa Jan Jozef de Saire



Opa (right) and his friend, Holland



Albert Andreas Beijert Grave, Holland



Marie Carroline Orzeszek Grave, Medan


Jan Jozef de Saire (Opa) Grave, Medan


Wapke Francisca Beijert (Oma) Grave, Medan


Mama, Liza, Vina, Papa (1993)


Ya begitulah, sedikit banyak tentang silsilah keluargaku. Ribet, terkadang aku juga bingung kalo ngedengerin cerita tentang sejarah keluarga Ayahku, tapi sangat menarik tentunya :D . Nah kalo udah ngejelasin ini sama temen" ku, baru deh mereka percaya kalo aku keturunan Belanda. Terus za, kamu bisa bahasa Belanda donk? oh tentu.... tentu tidak bisa, hahahaha. Ya berhubung papa nikahnya sama orang Jawa Melayu, jadi ya sehari"nya  papa pake bahasa Indonesia, dan lagian dari kecil papa emang berbahasa Indonesia, tapi dia paham sama bahasa Belanda. Pengen sih belajar bahasa Belanda, tapi susah banget, mending memperdalam bahasa Inggris ku yang masih abal" -___- .


Oia, ini sejarah singkat pendidikan ku:
  • TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Binjai (1994-1996)
  • SD Ahmad Yani, Binjai (1996)
  • SD Negeri 054608, Sawit Hulu (1997-2002)
  • SMP Ahmad Yani, Binjai (2002-2005)
  • SMA Ahmad Yani, Binjai (2005-2008)
  • Universitas Prima Indonesia (2008-2013)

Hmm, dulu aku sempat TK dua tahun. Tahun pertama, aku itu pemales, gak pande baca, dan kerjanya cuma main doank, ya maklum anak". Masuk tahun kedua di TK, papa mati"an ngajarin aku baca. Aku masih ingat, dulu saking papa emosinya ngajarin aku membaca, black board yang dipake untuk ngajarin aku baca sampe pecah dibuat papa >,< wakakakakaka. Tapi setelah kejadian itu, keesokan harinya aku langsung pinter baca, aneh juga, entah karena takut atau gimana, tiba" bisa baca gitu jadinya. Mama udah gak sanggup ngajarin aku, dablek, males dan degil, gitu komentar mama kepadaku, hahaha :D .


Tamat dari TK, aku masuk SD di sekolah yang mayoritas siswanya adalah orang Tionghoa. Asik banget. Bisa sambil belajar bahasa Hokkien berteman sama mereka. Naik kelas dua, aku pindah sekolah. Sedih banget rasanya. Ayahku pindah tugas, ke sebuah perkebunan kelapa sawit, tempatnya sedikit di pedalaman. Nama tempat itu Sawit Hulu. Tempatnya lumayan jauh dari kota, dan jauh juga dari fasilitas mewah yang ada di kota. Tidak ada Mall, Kafe, Taman Bermain dll. Sejak kelas 2 SD sampai dengan kelas 6 SD, aku belajar di sekolah negeri tersebut. Sekolah yang menurutku gak banget, mulai dari gedung, fasilitas dan semua-muanya serba memprihatinkan. Disini, mayoritas siswanya adalah orang Batak :D . Sangat berbeda ketika aku sekolah di Ahmad Yani.


Setamatnya dari sekolah dasar, aku melanjutkan pendidikanku di sekolahku yang lama. Masa" SMP dan SMA aku habiskan di Perguruan Swasta Ahmad Yani. Ya, aku senang bersekolah disini. Sekolah ini adalah sekolah yang populer di Kota Binjai. Dan sekarang aku kuliah di Universitas Prima Indonesia. Program studi yang aku pilih adalah Psikologi. Ya... iseng aja sih milih jurusan itu. Karena awalnya ketika aku ikut seleksi di PTN, aku memilih jurusan Ilmu Komunikasi dan Hukum. Tapi entah kenapa, ujung"nya pilihanku jadi Psikologi. Sekarang aku masih berusaha untuk mengejar kelulusan di bulan April nanti. Aku sudah telat setengah tahun. Seharusnya Septermber 2012 kemaren aku sudah lulus kuliah, tapi karena skripsiku yang sedikit bermasalah, aku jadi telat lulus.


So... inilah aku, Ananda Eliza de Saire :)

6 comments:

  1. cieeee blesteran belanda nih =D
    betewe, si opa kece banget waktu muda-nya :3

    visit n join to my blog ya za :)

    ReplyDelete
  2. haha .
    tapi muka aku indonesia banget kok :p

    okeee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa kasian kamu ya, ga ada kecipratan tampang belandanya hihii -.-v
      dapet "marga" saire nya aja.. tapi suka deh sama namanya :3

      Delete
    2. hahaha .
      iya cuma kebagian marga de Saire nya aja :D
      mudah"an nurun ke anak ku entar .
      soalnya sepupu aku gitu, dia muka nya juga indonesia kek aku, tapi pas punya anak, anak nya kek bule .
      padahal suaminya orang jawa :|

      Delete