Tuesday, February 26, 2013

Muncak Pertama di Gunung Sibayak (2.212 MDPL)

26 Mei 2012. waktu itu, entah bagaimana ceritanya, aku ikut trip ke Gunung Sibayak bareng anak-anak backpacker medan . gak jelas sih gimana awal mulanya. yang jelas, seingatku waktu itu kami janjian di pom bensin simpang pos Medan . kami janjian jam 1 ketemuan disana. tapi ternyata semuanya jam karet. aku orang pertama yang hadir disana, berhubung rumahku jauh dari simpang pos jadi aku buru" berangkat kesana dari Binjai biar gak telat. Hmmm, lama menunggu, akhirnya nongol juga satu persatu orangnya. terus terang aku belom kenal sama mereka-mereka ini. yang kukenal cuma bang Vincent dan bang Oki doank. berhubung member backpacker medan sekarang bejibun, jadi hanya beberapa yang aku kenal sekarang *hammer .

kurang lebih jam 3 ato jam 4 gitu, kami berangkat dari simpang pos menuju simpang Lau Debuk-debuk. naik bus sutra ato sinabung jaya maren itu yah, lupa lagi. ongkosnya 10 ribu rupiah. naiklah kami semua keatas bus. iya keatas bus, bukan kedalam bus hahahahaha. gak enak duduk didalam, padat sempit panas, ditambah lagi aku suka muntah dan puyeng kalo nyium bau solar di dalam bus -___-" . jadi kami semua duduk diatas, lebih asik, walau terik matahari menyegat, tapi jauh lebih seru duduk diatas bus daripada didalam bus. perjalanan dimulai :D

dari kiri ke kanan
bang asra, bang oki, bang vincent, *lupa*

sekitar jam 5an gitu, sampailah kami disimpang Lau Debuk-debuk. turunlah kami dari bus. dan sempat"nya narsis didepan kuburan wakakakakakaka.

oia, dalam perjalanan ini, cuma aku sendiri ceweknya hahahaha. asik banyak abang abang yang jagain *genit . kelar poto" di depan kuburan, perlahan-lahan kami jalan menuju ke arah Lau Debuk-debuk. dari sana entar bakal ketemu jalan menuju ke Gunung Sibayak. kami mendaki lewat jalur wisata. karena beberpa diantara kami banyak yang belum pernah naik kesana. jadi setelah berembuk beberapa saat, kami semua setuju kalo kami mendaki lewat jalur wisata (sebagian jalur pendakian sudah diaspal).

waktu nyampe disimpang Lau Debuk-debuk, ada angkot. angkot ini bisa mengantarkan kami sampe ke Lau Debuk-debuk. aku pikir mereka semua mau naik angkot, eh ternyata semuanya lebih memilih jalan kaki. biar hemat. yowes jalan kaki deh menuju kesana. jalan beberapa meter, dihadang oleh beberapa petugas yang meminta retribusi kalo mau mendaki ke Gunung Sibayak. kalo gak salah bayarnya cuma 2 ribu rupiah. kalo gak salah yah >,< . lanjut lagi perjalanan, kira" udah berjalan sejauh 1.5KM, udah nemu pekampungan warga, dah nyampe juga di Lau Debuk-debuknya. dan tiba-tiba, sepupunya bang Vincent ketemu ama temennya disana dan diajakin singgah kerumahnya. beruntung banget rasanya. karena waktu itu pun masih sekitaran jam 6, jadi kami setuju untuk singgah dirumah temen sepupunya bang Vincent. kami akan naik ke Sibayak jam 1 malam. perjalanan sampai ke puncak Sibayak itu relatif cepat. sekitar 2-3 jam. jadi kalo cepet" naik kesana entar kelamaan nunggu sunrisenya. kami nggak ada rencana untuk ngecamp diatas soalnya. Alhamdulilah, gak salah tadi jalan kaki waktu perjalanan kemari. tuan rumah nyiapin makan malam untuk kita semua. emang ada aja rejeki kalo lagi melakukan perjalanan :D . dan akhirnya, dengan rasa senang, bahagia dan terharu (lebai) kami semua menyantap makanan yang dihidangkan ama tuan rumah :D

sungguh berkah rasanya. ditengah-tengah rasa lelah sehabis berjalan sekian kilo meter, eh dapet rejeki beginian :) . kelar makan sekitar jam 8an, masih ada waktu 4 jam lagi sebelum berangkat ke Sibayak. udara malam itu bener-bener dingin. ada beberapa temen yang malah keluar naik motor cari jajajan, sekalian cari rokok. kaga terasa, sambil ngemil ngobrol" udah jam 12 aja. kita semua bergegas pamit sama yang punya rumah, terus kita berangkat deh. karena masih jam 12 malam, beberapa temen pengen mandi di pemandian air panas di Lau Debuk-debuk. yang masuk cuma 2 orang, bang Vincent dan Alwis. kami yang gak ikutan mandi, nunggu diluar sambil makan pop mie, ada juga yang tiduran di depan warung kopi yang udah tutup. sekitar jam 1 malam (27 Mei 2012), mereka berdua udah nongol lagi. dan gak pake ba bi bu kita langsung aja menuju ke Gunung Sibayak.

di depan pintu PLTU

Gunung Sibayak adalah sebuah gunung yang mengahadap ke kota Berastagi di Sumatera Utara. orang Batak  Karo menyebut Gunung Sibayak dengan sebutan "Gunung Raja". Gunung Sibayak merupakan Gunung Berapi dan meletus terakhir kali pada tahun 1881. gunung ini berada disekitar 50 kilometer barat daya kota Medan. ketinggian gunung ini 2,212 mdpl.

lumayan capek juga mendakinya, walaupun lewat jalan aspal. jalanannya nanjak terus. sampe" pak lek (bang dedi) beberapa kali betisnya kram, ngebuat kita harus berhenti berjalan tiap 5 menit sekali. tapi tanpa terasa 3 jam berlalu. nyampe juga di Sibayak. belom sampe puncaknya sih. tapi untuk kepuncaknya gak jauh kok, cuma sekitar 30 meter lagi naik keatas. masih sekitar jam 4 subuh. masih bisa istirahat sambil minum kopi nunggu sunrise. sambil cerita" juga sama abang" yang kebetulan lagi mendaki juga ke Sibayak. kaga terasa ntar lagi matahari mau terbit, kami semua bergegas naik ke puncak. sekitar 5 menit nyampe lah di puncak Gunung Sibayak. dan Alhamdulilah, kita di dapet sunrise nya :D

biutipul 0.o

puas banget akhirnya dapat menikmati sunrise yang begitu cantik. perngalaman pertama mendaki ke Sibayak yang perfect :D . udah agak terangan, kita coba untuk jalan" di balik" bukit di puncak Sibayak. sekalian mengabadikan moment" indah diatas sana .

Gunung Sinabung dari Puncak Gunung Sibayak

narsis dikit gpp kan yah, bareng bang Vincent :p

puas liat-liat pemandangan di puncak, kita turun dah. jam 8an gitu kita turun kebawah. sambil liat-liat kawah belerang yang masih aktif. asli bau banget dah asepnya.

kawah belerang yang masih aktif menyemburkan asapnya

pemandangan disekitar Gunung Sibayak

nyampe dibawah kita istirahat sejenak, ada yang tidur, dan beberapa ada yang masak indomi untuk sarapan.  asli yah, angin di Gunung Sibayak itu kenceng banget, dingin. mana di Gunung Sibayak nggak ada pepohonan. jadi gak tau mau ngumpet dimana untuk menghindar dari hembusan angin yang kencang ini. kalo  ada yang mau masang tenda, harus bener" nanem pacaknya kedalam tanah kalo gak kepengen terbang dibawa angin tendanya, hahahaha. kira" jam 12 siang kita semua memutuskan untuk turun gunung. foto-foto dulu sebelom pulang :D

formasi lengkap :D
belakang, dari kiri ke kanan
(bang oki, bang asra, gw, bang vincent, alwis, bang hendrik)
depan, dari kiri ke kanan
(bang dedi, sepupunya bang vincent)

perjalanan pulang kami gak lewat Lau Debuk-debuk lagi. kami pilih jalur lain. jalur ini akan menghubungkan kami ke kota Berastagi. asik banget dari sibayak jalan kaki ke Berastagi. ngebayangin betapa jauh nya 0.o . dan secapek-capeknya jalan menanjak, lebih sakit lagi kalo jalanannya turunan, mana panjang pula turunannya. pegel ni paha T____T . kira" 2 jam berjalan nyampe juga di Berastagi. oia, ini ada oleh" pas turun gunung :p

dari Berastagi, kita gak langsung balik ke medan. kita mau singgah dulu kerumah Ibunya sepepunya bang Vincent. kita naik angkot kesana. udah capek jalan kaki wakakakakaka. sekitar 15 menitan nyampe juga ke rumah si Ibu. rebahan sambil ngelurusin kaki yang udah pegel", mata ngantuk karena belom ada tidur sama sekali. mau bobo tapi gak bisa, jadi ya tiduran aja deh. si Ibu baru pulang dari kebun stroberi langsung buatin kita makan siang. aseeeeeeeeeek. wakakakakaka. kaga keluar duit lagi. walaupun cuma makan nasi + indomi tapi alhamdulilah kenyang.

jam 4 sorean, kita semua pamitan sama si Ibu. mau balik ke Medan. seneng, perjalanan kali ini bener" fun. pertama kalinya naik ke Gunung Sibayak dan sempurna banget karena ngedapetin sunrise yang dicari" :D .

nunggu bus menuju ke Medan :D

berakhir sudah perjalanan kali ini. makasih untuk bang Oki, bang Hendrik, bang Asra, bang Dedi, Alwis, bang Vincent, dan sepupunya bang Vincent. perjalanan kali ini Raaaawwwwwwkkkkkk. hahahahahaha :)

1. kamu melancong mulu ya za #envy
    ajak aku dong kapan2..
    sini sini main ke pulau jawa..

nanti melancong di sini :D

2. hehehehe .
    iya, hobi backpackeran .
    jawa dimana nya nih?
    kali aja bisa mampir entar :D

1. aku sekarang di semarang za. di undip. udah taun terakhir..
      ayo kalo mau main ke pulau jawa (lagi) sempetin main ke semarang ya.. hehee

keburu aku lulus kalo ntar ntar =D haha