Wednesday, March 27, 2013

Try Scuba with Medan Scuba Divers




Hari ini, tanggal 24 Maret 2013, akhirnya tercpai juga keinginanku untuk belajar diving. udah lama menantikan adanya kelas diving di medan, eh secara gak sengaja aku menemukan komunitas Medan Scuba   Divers di salah satu jejaring sosial :D . mereka (Medan Scuba Divers) membuat satu event bagi rekan rekan yang pengen nyobain diving. aku sendiri yang sama sekali belum pernah diving, langsung aja daftar ikutan try scuba di kolam renang selayang medan.

sebelum try scuba, awalnya kami (peserta) diberikan materi sejenak. dijelaskan kepada kami perlengkapan untuk diving, tentang safety pada saat berada didalam air, dan lain lainnya. setelah diberikan materi, kami disuruh untuk berenang terlebih dahulu. kata instrukturnya si dia mau lihat gimana cara berenang kami :D . di usahakan untuk berenang gaya bebas. aku sendiri jarang banget berenang pake gaya bebas, karena bagiku berenang dengan gaya bebas memakan banyak tenaga, sehingga aku jadi cepat lelah. baru berenang setengah kolam pake gaya bebas, udah megap megap (sesak nafas) ahahahahaha. jadi renang nya aku remix pake gaya dada. biar ga terlalu capek.

setelah itu, kami diminta untuk berenang dengan menggunakan goggles dan snorkel. untuk melatih kami bernafas dengan menggunakan mulut. kami disuruh berenang sejauh 200 meter, ya bolak balik berapa kali yah di kolam renang, hihihihi :D . kemudian, kami diajarkan gimana caranya untuk ngilangin embun yang ada di goggles, namanya mask clearing. eh ternyata gak segampang teorinya. nyoba sampe 10x ada kali yak kaga bisa". tapi akhirnya bisa, dibantu sama mas faisal *kalo gak salah nama nya . kemudian kami diajarkan menganai sandi yang dipakai ketika kita berada dibawah air. misal nya ketika semuanya dalam keadaan oke sandinya gimana, kalo ada trouble sandinya gimana, dsb. oia, sebelum mulai diving nya, masih diajarin juga gimana untuk ngisi udara, dan mengeluarkan udara di vest (lupa apa nama backpacknya tadi, ya semacam pelampung gitu, gunanya dia menopang tabung oksigen) . kemudian cara bernafas dengan menggunakan regulator, ada dua regulatornya. dan satu lagi diajarin untuk gimana caranya supaya kita tau kita ada di kedalaman berapa meter, dan berapa sisa oksigen yang ada di tabung kita. kemudian diajarkan juga gimana caranya untuk ngilangin rasa sakit di telinga ketika kita berada di bawah air. ada dua cara yang aku inget. pertama ketika telinga sudah terasa sakit, coba untuk menelan ludah. cara kedua, tutup hidung kemudian coba untuk menghembuskannya tapi tetap dalam kondisi mulut dan hidung tertutup, fungsinya untuk mengeluarkan udara yang tertinggal di dalam telinga, yang menyebabkan terjadinya tekanan didalam telinga, sehingga telinga kita terasa sakit ketika berada di bawah air. bagi yang kesulitan untuk tenggelam didalam air, akan dipakaikan pemberat (belt timah). fungsinya agar kita dapat tenggelam didalam air, dan tidak mengambang dipermukaan air :D . aku sendiri make 2 timah baru bisa tenggelam didalam air :p .


belajar mask clearing


lagi diajarin cara memakai gear diving :D


nah after all, baru deh kita coba diving nya. kembali di bimbing cara pemakaian vest dan tabung oksigen. sumpah berat banget tabungnya, 18kg wakakakakaka. pake fin (kaki katak) dan gogglesnya. dan mulai lah mencoba bernafas diperairan yang dangkal terlebih dahulu. setelah oke semuanya, baru diajak ketempat yang lebih dalam. waktu dikedalam 1 meter sih masih enjoy, eh pas nyelem lebih dalem ke dua meter, tiba" telinga ku terasa sangat sakit. aku coba untuk melakukan palsapah (cara u/ mengilangkan rasa sakit di telinga) dengan cara menelan ludah, damn kaga ngefek. akunya keburu panik jadi gelagepan cepet" menuju ke permukaan. maklum masih kaget ahahaaha. coba lagi. dan ketika rasa sakit itu datang lagi, aku coba palsapah yang kedua, yaitu dengan cara menutup hidung dan menghembuskan nya. yes, it works :D . telingaku gak sakit lagi. setelah semuanya oke, aku diajak untuk menyelam ke tempat yang lebih dalam lagi. sekarang di kedalaman 5 meter. rasa sakit ditelinga itu sering datang kembali, tapi aku sudah tidak panik lagi. aku lakukan palsapah yang kedua itu dan semuanya kembali nyaman :D . udah ngerasa enjoy dengan diving pertama ku dikolam renang, mulai deh nyelam kesana kemari keliling kolam renang. menyenangkan sekali.


telinga oke? oke mas :D


turun ke kedalaman 5 meter :D


gak terasa udah 3 jam aja dibawah air. rasanya baru sebentar. baru diving didalam kolam aja kaga terasa 3 jam. apalagi dibawah laut yang banyak pemandangan indah. gak ngebayangin gimana betahnya berlama lama dibawah sana. sayangnya, untuk kegiatan ini, memerlukan biaya yang cukup banyak :D . buat aku yang masih pengangguran agak sulit juga sih. kudu nabung dulu baru bisa beli perlengkapan divingnya, seperti wetsuit, goggles, dan fin. tentunya dengan kualitas yang baik, solanya untuk keselamatan sendiri :D . next, kalo diajakin diving aku udah berani deh, karena udah dapet ilmunya sekarang. terima kasih banyak Medan Scuba Divers :D

8 comments:

  1. weeees... mantap za..
    boleh tau ga biaya ikutan kaya gitu berapa?
    and kalo kaga bisa berenang boleh ikutan apa engga ya? wuehehehee

    ReplyDelete
  2. 100k biaya nya .
    kalo gak bisa renang rada bahaya sih .
    takutnya panik pas dibawah air .
    soalnya jujur, za yg bisa berenang aja, pas telinga sakit didalam air, panik dan cepet" naik keatas .
    takutnya kalo gak bisa berenang kan terjadi hal hal yg gak di inginkan x_x

    ReplyDelete
    Replies
    1. owaaw kasian deh saya >.<
      yakali ada pelampung doraemon ato alat ajaib doraemon yang bisa bikin berenang =D hahaa

      suatu saat aku pasti akan coba kaya kamu za (^,^)9

      Delete
    2. hayuuuk balajar renang dulu :D

      Delete
  3. mau nanya nih Pak, kalau mau belajar daftar di mana?

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen ikutan. Ada kontak yg bsa dhubungi?

    ReplyDelete
  5. Btw ad kontak yang bisa d hubungi gak bang? saya rncna lagi cari diving instructor d medan. mohon info. thanks

    ReplyDelete